Oposisi Suriah Rebut Perbatasan Golan

Kamis, 06 Juni 2013 18:03 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Oposisi Suriah (Foto: Reuters) Oposisi Suriah (Foto: Reuters) DAMASKUS - Pasukan oposisi Suriah yang masih terus berjuang untuk melengserkan kekuasaan Presiden Bashar Al-Assad, berhasil merebut sebuah perbatasan di Dataran Tinggi Golan. Kemenangan ini mereka raih setelah memukul mundur pasukan Assad.

Pertempuran itu terjadi di dekat Quneitra yang berdekatan dengan wilayah Israel. Baku tembak di wilayah tersebut berlangsung setelah pasukan Assad berhasil merebut kota Qusair dari tangan oposisi. Demikian diberitakan BBC, Kamis (6/6/2013).
 
Tidak dijelaskan berapa banyak korban jiwa akibat pertempuran ini. Kabar mengenai direbutnya wilayah perbatasan itu tentu menjadi hiburan dari pihak oposisi yang sebelumnya kehilangan Qusair sebagai basis pertahanan mereka.

Penguasaan yang dilakukan oleh pasukan Suriah membuat keuntungan besar bagi Presiden Bashar Al-Assad. Lewat penguasaan ini, pasukan Assad berhasil meraih kendali atas rute transit internasional.

Menurut Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) sekira 80 ribu jiwa dilaporkan tewas sejak perang yang berkecamuk Maret 2011 lalu. Selain itu, sekira 1,5 juta warga keluar dari Suriah untuk berlindung dari peperangan. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »