AS: Kapal Perang Rusia Bawa Senjata ke Suriah

Kamis, 06 Juni 2013 10:52 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Rudal S-300 milik Rusia (Foto: AP) Rudal S-300 milik Rusia (Foto: AP) WASHINGTON - Intelijen Amerika Serikat (AS) mengidentifikasi tiga kapal amfibi Rusia diyakini membawa senjata, yang mungkin saja diberikan kepada Pemerintah Suriah. Kecurigaan itu disampaikan oleh pihak Pentagon yang terendus oleh CNN.

"Amerika terus melacak kapal itu sejak pertama kali meninggalkan pelabuhan Rusia beberapa hari lalu. Satelit milik AS mampu melihat indikasi bahwa kontainer dimuat ke dalam kapal," ujar pihak CNN, Kamis (6/6/2013).

"Meski belum bisa dikonfirmasi, kapal itu dicurigai membawa muatan rudal milik Rusia S-300 atau senjata lainnya yang ditujukan untuk Suriah," imbuh CNN.

Negeri Paman Sam selama ini terus menekan Rusia untuk tidak mengirim sistem rudal itu ke Suriah karena akan memperkuat pertahanan udara Pemerintahan Presiden Bashar Al-Assad. Assad selama ini harus menghadapi serangan dari pasukan oposisi Suriah yang menginginkannya lengser dari kekuasaan.

Namun pihak AS memastikan mereka tidak melihat adanya helikopter militer yang dimuat di kapal amfibi tersebut. Suriah memang diyakini menambah helikopter untuk memperkuat militer mereka. Namun dugaan itu masih belum terbukti. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »