Assad: Serang Suriah, Amerika Akan Hadapi Kegagalan

Senin, 26 Agustus 2013 13:46 wib | Fajar Nugraha - Okezone

Presiden Bashar al-Assad (Foto: Reuters) Presiden Bashar al-Assad (Foto: Reuters) DAMASKUS - Presiden Suriah Bashar Al-Assad menanggapi sinis rencana serangan Amerika Serikat (AS) ke negaranya. Menurut Assad, Negeri Paman Sam akan menghadapi kegagalan besar bila serangan itu benar-benar terjadi.

Kabar mengenai rencanan serangan ini mencuat setelah adanya laporan penggunaan senjata kimia yang dilakukan pasukan Assad, untuk mengentaskan perlawanan pasukan oposisi. Namun senjata kimia itu justru mengenai banyak warga sipil yang tak berdosa.

Bagi Assad, isu intervensi militer asing ke Suriah terlalu sering diulang. "AS, Prancis dan Inggris menginginkan intervensi militer dari awal krisis dimulai. Tetapi keinginan mereka gagal dan prosesnya berubah arah," ujar Assad, seperti dikutip APA, Senin (26/8/2013).

Menteri Pertahanan AS Chuck Hagel sebelumnya menyebutkan bahwa militer AS siap melakukan intervensi militer terhadap Suriah. Pihaknya mengaku siap bila Presiden Barack Obama menginginkannya.

Assad pun menegaskan kembali maksud dibalik serangan asing di negaranya. Menurut Assad, semua rencana itu bermaksud untuk membantu pihak oposisi, -yang disebut Assad sebagai teroris- untuk menghancurkan Suriah.

"Kini jelas, bahwa apa yang terjadi di Suriah bukanlah revolusi untuk menekan reformasi politik, tetapi hal tersebut ditujukan untuk membantu teroris (pasukan oposisi) untuk melakukan kehancuran. Seperti apa yang dilakukan sebelumnya (oleh AS) sejak perang Vietnam, semua berakhir dengan kegagalan," tegas Assad.

"Amerika banyak melakukan perang, tetapi tidak pernah berhasil meraih tujuan politiknya. Mereka tidak akan bisa menyakinkan rakyat Amerika mengenai keuntungan perang ini," tuturnya. (faj)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »