Jerman Enggan Bantu AS Serang Suriah

Sabtu, 31 Agustus 2013 01:13 wib | Wahyu Dwi Anggoro - Okezone

Barack Obama dan Bashar al Assad (Foto: IJReview) Barack Obama dan Bashar al Assad (Foto: IJReview) BERLIN – Semakin banyak negara yang mundur Amerika Serikat (AS) ditinggalkan sekutunya di tengah persiapan serangan ke Suriah. Setelah Inggris mundur, Jerman pun enggan bergabung dengan AS untuk menyerang Suriah.
 
Sikap Jerman sebenarnya bisa diduga sejak awal. Sebelumnya, Jerman juga menolak bergabung saat AS menginvasi Irak pada 2003.
 
“Kami tidak berpikir untuk berpartisipasi (menyerang Suriah),” ujar juru bicara Pemerintah Jerman Steffen Seibert, seperti dikutip Reuters, Sabtu (31/8/2013).
 
Tidak seperti Jerman, mundurnya Inggris mengejutkan banyak pihak. Pasalnya, Inggris selama ini aktif mendorong komunitas internasional menghukum Pemerintah Suriah.
 
Niat Inggris untuk menyerang suriah terhenti di tingkat parlemen. Parlemen Inggris menolak proposal untuk menyerang Suriah yang diajukan Perdana Menteri David Cameron dalam voting pada Kamis, 29 Agustus.
 
Hanya ada 272 suara yang mendukung proposal tersebut. Sementara 285 suara lainnya memilih untuk menolak intervensi. Cameron pun kalah dengan selisih hanya 13 suara.
 
Walaupun minim dukungan, AS diperkirakan tetap akan menjalankan rencananya menyerang Suriah. AS masih mengantongi dukungan dari Prancis dan Turki.
(ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »