Selandia Baru Bantu Cari Pesawat Malaysia Airlines

Selasa, 11 Maret 2014 02:15 wib | Johan Sompotan - Okezone

Malaysia Airlines. (Foto: Daily Star) Malaysia Airlines. (Foto: Daily Star) KUALA LUMPUR - Hilangnya pesawat Malaysia Airlines MH370 membuat hampir seluruh negara turut andil membantu mencari hilangnya pesawat nahas tersebut. Salah satunya yakni negara Selandia Baru.

Perdana Menteri (PM) Malaysia Datuk Seri Najib Tun Razak mengatakan jika PM Selandia Baru, John Key menawarkan mengirim bala bantuannya dengan mengirim pesawat patroli maritim P-3C Orion untuk bergabung mencari pesawat Malaysia Airlines yang hilang itu.

"Saya menerima faks dari PM Selandia Baru. Mereka menawarkan untuk menggunakan P-3C Orion yang khusus dalam pengawasan maritim," katanya seperti dilansir Bernama, Selasa (11/3/2014).

Pesawat yang memiliki jam terbang 11 tahun ini membawa 227 penumpang serta 12 awak pesawat ini telah hilang kontak dalam perjalanannya dari Kuala Lumpur ke Beijing sekira satu jam setelah lepas landas dari Bandara Internasional Kuala Lumpur pukul 00.41 waktu Malaysia. Seharusnya, pesawat ini sudah mendarat di Beijing pukul 06.30 pagi waktu China.

Menteri Transportasi Malaysia, Datuk Seri Hishammuddin Tun Hussein mengatakan banyak negara yang antusias membantu Malaysia, pemerintah pun lebih fokus dalam melakukan pencarian.

Sejauh ini, tim pencarian multinasional telah mengumpulkan 24 pesawat dan 40 kapal dari Malaysia, China, Vietnam, Australia, Thailand, Filipina, Indonesia, Singapura, dan Amerika Serikat (AS).

Dirinya pun membantah bila China telah mengambil alih operasi pencarian terhadap pesawat MH370, karena satuan khusus dari China yang datang Senin, 10 Maret malam sebatas membantu menemukan pesawat yang hilang.

"Kami bekerja sama erat dengan semua negara, termasuk China dalam segi mencari, menyelamatkan serta mengindentifikasi orang-orang yang bepergian dengan memakai paspor palsu serta berurusan dengan keluarga para penumpang," tegasnya.

Pihaknya pun terus melakukan kontak sejak awal dengan China, terlebih terdapat satuan tugas khusus yang ditempatkan di Malaysia guna membantu tiga aspek tadi. (ade)

Download dan nikmati kemudahan mendapatkan berita melalui Okezone Apps di Android Anda.

BERIKAN KOMENTAR ANDA

BACA JUGA »